Powered By Blogger

Laman

Senin, 25 Oktober 2010

Perangkat Keras Pada Komputer


Perangkat keras pada computer

Perangkat keras (hardware) merupakan alat yang mendukung kinerja komputeryang bias dilihat secara langsung bentuknya secara fisik.Perangkat keras computer dibagi dalam beberapa kategori antara lain perangkat masukan (input device),perangkat proses (prosessing device),perangkat penyimpanan data (storage device),perangkat keluaran(output device),dan perangkat pendukung lainnya.
Berikut ini adalah penjelasan masing-masing fungsi dan kegunaan perangkat keras computer.

1.Perangkat masukan (Input Device)
Perangkat masukan merupakan jenis perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data dan juga member perintah kepada computer untuk selanjutnya data tersebut akan diolah dalam tahap pemrosesan data.
Perangkat masukan terbagi menjadi beberapa golongan,antara lain sebagai berikut :
a.      a. Keyboard
Keyboard merupakan alat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa teks.Selain itu,keyboard juga digunakan untuk melakukan fungsi operasi suatu program dengan menggunakan perintah shortcut.
b.      b.Pointing Device
-Mouse

-Light Pen
-Joy Stick
-Touch Pad
-Track Ball
c.   Scanner dan Digitizer
      -Scanner merupakan alat masukan yang didesain untuk menyalin teks maupun gambar grafis dalam computer untuk kemudian disimpan daalam bentuk file.
     -Digitizer merupakan alat masukan yang menggunakan media magnetis yang fungsinya untuk memindahkan gambar dari suatu media kertas ke computer.Contohnya adalah gambar peta.
e.  Perangkat Masukan Lainnya
     -Barcode Reader
     -Magnetic Card
     -Web Cam
     -Microphone

2.Perangkat Pemrosesan (Processing Device)
Perangkat untuk memroses data pada computer ada bermacam-macam dan memiliki berbagai fungsi.
a.       a.Mainboard
Mainboard atau yang biasa disebut motherboard merupakan papan sirkuit utama tempat meletakkan berbagai komponen penting dalam computer.
b.     b. RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan memori utama yang berfungsi sebagai alat penyimpanan sementara pada computer.Isi dari RAM adalah berupa informasi selama computer diaktifkan.RAM bersifat volatile,yaitu apabila sumber daya listrik yang digunakan mati maka semua data dan informasi yang ada didalamnya akan hilang.
c.       c.ROM (Read Only Memory)
ROM merupakan memori yang hanya bias dibaca namun isis di dalamnya tidak bisa diubah-ubah.Isinya adalah berupa system operasi yang terdiri dari program-program pokok yang dibutuhkan dalam computer.ROM bersifat nonvolative.
d.      d.Processor
Processor merupakan pusat dari system computer dimana tempat pemrosesan instruksi-instruksi program dan pengolahan data dilakukan.
e.     e.  Sound Card
Merupakan perangkat yang memproses data suara yang amsuk ataupun keluar dari computer.
f.       f.VGA Card
Biasa disebut dengan Graphic Card merupakan perangkat yang mengatur tampilan grafis pada monitor.
g.       g.Power Supply
Alat yang berguna untuk memberikan sumber daya listrik ke segala komponen yang terdapat dalam mainboard,harddisk,CD-ROM,dan Floppy Disk.

3.Perangkat Keluaran (Output Device)
Perangkat keluaran merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan informasi dari computer.Selain itu,perangkat keluaran juga digunakan sebagai alat interaksi antara pengguna dan computer.Jenis perangkat keluaran pada computer yaitu sebagai berikut:
a.        a.Monitor
b.     b. Printer
c.       c.Speaker
d.      d.Proyektor

4.Perangkat Penyimpanan Data (Storage Device)
Media penyimpanan data merupakan perangkat penyimpanan data eksternal pada computer.Hasil olahan informasi dari computer bias disimpan dalam perangkat ini.Tujuan adanya perangkat ini adalah:
   -Menyimpan data secara permanen dan tidak tergantung pada aliran listrik.
   -Sebagai alat untuk memindahkan data dan program dari satu computer ke computer yang lain.
   -Sebagai alat Back Up data dan program demi keamanan file-file penting.

Jenis media penyimpanan data ada 2 jenis yaitu removable storage dan nonremovable storage.Removable storage merupakan jenis media penyimpanan data yang bisa dipindah-pindah.Contohnya:
   a.Floopy Disk
   b.Compact Disk (CD)
   c.Flash Disk
Sedangkan nonremovable storage merupakan media penyimpanan yang tidak mudah untuk dipindah-pindah.Sebagai contoh adalah Harddisk.


5.Perangkat Keras Pendukung
a.       a.Disk  Drive
b.      b.CD ROM
c.       c.CD RW Drive
d.      d.Stabilizer
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar